Rabu, 29 Februari 2012

Masyarakat Singkong Bangun Pandeglang


PANDEGLANG (Pos Kota) – Potensi singkong sebagai salah satu produk unggulan pertanian di Kabupaten Pandeglang, Banten masih dinilai cukup bagus. Tercatat selama tahun 2011, realisasi produksinya mencapai 27.088,25 ton dari luas lahan 1.998 hektar. Sedangkan untuk tahun 2012, direncanakan sasaran luas tanam 2.522 hektar, dengan sasaran produksi mencapai 52.525,32 ton.

Demikiam disampaikan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, dalam acara pembukaan Pameran Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Kabupaten Pandeglang di Alun-alun Kota Pandeglang, Rabu (22/2).

Kata Erwan, Pandeglang sebagai sentra pertanian di Provinsi Banten, oleh karena itu dengan kehadiran MSI sebagai wadah bagi petani dan pelaku tanam singkong, sangat mendorong pengembangan singkong di Kabupaten Pandeglang khususnya.

Bupati Erwan berharap, dengan hadirnya MSI, dapat lebih mengefektifkan proses diversifikasi pangan berbahan singkong, seperti singkong yang diolah untuk berbagai bahan makanan dan energy, seperti tepung tapioka/casava, tepung fermentasi mocaff dan kebutuhan industri lainnya.

“Karena, dari sebuah singkong, juga bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan memandirikan serta mensejahterakan masyarakat. Pemerintah daerah sangat mendukung program MSI ke depan,” tambahnya.

Ditambahkannya, proses menanam singkong sangat mudah dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Dengan lahan tanah yang tidak terlalu luas-pun, tambahnya, masyarakat sangat bisa menanam singkong serta diambil hasilnya untuk membantu mencukupi kebutuhan makanan sehari-hari.

“Bukan hanya kripik singkong, tapi juga jenis kue-kue lainnya, dengan bahan baku singkong,” ujarnya.

Kegiatan pameran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) MSI yang ke-2, dengan mengambil tema “Gerakan Nasional Singkong Sejahtera Bersama”. Pameran ini dimeriahkan oleh lebih dari 20 stand pameran, memamerkan aneka ragam panganan singkong, serta stand-stand pendukung lainnya. Pameran MSI itu akan berlangsung dari tanggal 22-25 Februari 2012 mendatang.

Dalam acara pembukaan, hadir Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten Agus Tauchid, Wakil Bupati Pandeglang Heryani, Ketua MSI pusat Dr. Marwah, Ketua TP PKK Pandeglang Siti Erna Nurhayati, Para Kepala SKPD dan ratusan masyarakat singkong Indonesia. (haryono/b)

Sumber : poskotanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar