Rabu, 07 Maret 2012

Investor Hong Kong bangun pabrik pengolahan singkong di Indramayu

Oleh Hery Lazuardi

NUSA DUA, Bali: Nest Fortune Limited, perusahaan pengolahan singkong asal Hong Kong, menanamkan modal US$6 juta untuk membangun pabrik pengolahan singkong industri di Kabupaten Indramayu, Jabar.

Rencana investasi itu dituangkan dalam nota kesepahaman bersama yang ditandatangani oleh CEO Nest Fortune William Yeung dan Ketua Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Marwah Daud Ibrahim.

Penandatanganan MoU disaksikan Menperin MS Hidayat dan wakil dari Pemkab Indramayu di sela-sela International Conference on Asean SMI's Cassava Products di Nusa Dua, Bali, hari ini.

Marwah mengatakan Nest Fortune siap menginvestasikan US$6 juta guna merealisasikan pabrik pengolahan singkong yang akan menghasilkan cip singkong (cassava strated) dan modified cassava flour (mocaf).

Adapun, Pemkab Indramayu yang akan menyediakan lahan seluas 6.000 hektare untuk lahan dan fasilitas produksi bagi perusahaan Hong Kong tersebut.

"Nest Fortune hanya salah satu dari sejumlah investor asing lokal yang berminat mengembangkan pengolahan singkong di beberapa daerah potensial," katanya seusai penandatanganan MoU.

Menurut Marwah, investor dari Korea Selatan berencana membangun pabrik etanol di Sulsel , dan satu investor asing lain akan membangun pabrik mocaf dan tapioka di Kutai Kertanegara, Kaltim.

"Ada juga investor dari Jepang dan China yang menjajaki investasi di beberapa daerah," ungkapnya.

Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin Euis Saedah mengatakan investasi Nest Fortune di Indramayu akan menjadi proyek percontohan bagi pengembangan industri berbasis singkong di daerah lain.

"Saat ini ada delapan provinsi yang ingin mengembangkan industri berbasis singkong di daerahnya. Ini menjadi peluang, baik bagi investor lokal maupun asing," ujarnya. (tw)

Sumber: www.bisnis.com

4 komentar:

  1. saya tertarik untuk menanam singkong dan saya ada lahan 10 ha (sepuluh hektar), bisa satu hamparan atau beberapa hamparan. Lokasi di Kutai Timur. Kaltim.
    hub. putro.paul@gmail.com

    BalasHapus
  2. Saya ingin agar kelompok tani saya bisa bekerjasama suplay bahan baku singkong gajah, lokasi di bontang lestari dan teluk pandan, .. jika ada peluang kabari saya:
    bizafif@gmail.com
    087811218318

    BalasHapus
  3. jika ia benar tentang adanya proyek bio etanol di indramayu jawa barat,
    sekiranya kapan ya' pembangunan itu di mulai,

    BalasHapus
  4. Kami KSU Bahtera Nuh memiliki lahan 10000 hektar di wilayah Kab. Buton Utara Prof. Sulawesi Tenggara pingin juga bisa membangun perkembunan singkong gajah. gimana persyaratan untuk menjadi suplay bahan baku.

    BalasHapus