Senin, 03 Desember 2012

Rakernas MSI 2012 Menetapkan H. Suharyo Husen Ketua Umum Menggantikan Marwah Daud Ibrahim

Bogor, MSI-News.  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) yang diadakan tanggal 1 Desember 2012 di Pondok Ratna, Tapos Bogor dihadiri oleh sekitar 60 orang dari pengurus MSI Pusat, MSI Daerah,. MSI Propinsi : MSI Jawa Barat; MSI Kaltim; MSI Kalteng , MSI Aceh dan MSI Lampung; MSI Kabupaten : MSI Cianjur, MSI Sukabumi, MSI Majalengka, MSI Subang, MSI Kutai Kertanegara, MSI Kutai Timur; MSI Bogor; 

RAKERNAS MASYARAKAT SINGKONG INDONESIA- 1-12-2012

Pejabat Kementerian Pertanian yang hadir adalah Direktur Jenderal Pertanian Tanaman Pangan, Direktur Aneka Umbi dan Aneka Kacang, dan Kabid. Aneka Umbi. Hadir pula beberapa pengusaha dari PT. Cassava Indonesia; PT. AKPI, PT Pupuk Indonesia; PT. Simax Pangan. PT Indofood Sukses Makmur/ Bogasari dan Sekjen Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN) serta undangan termasuk petani singkong dari Cianjur, Bogor dan Sukabumi, demikian info dari Ketua Panitia Yoyok Wastoyo.

Rakernas dibuka secara resmi oleh, Direktur Jenderal Pertanian Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Ir. Anggoro. Didalam rapat tersebut peserta mengusulkan agar segera diadakan perombakan dan perbaikan kepengurusan MSI Pusat.  Ini dipelopori oleh Ketua dan Sekjen MSI Jawa Barat yang secara aklamasi didukung oleh semua yang hadir.

Banyak dari yang hadir langsung menyebut nama H. Suharyo Husen untuk menjadi Ketua Umum MSI Pusat menggantikan Marwah Daud Ibrahim. Tapi keputusan akhir tetap ada pada Pengurus MSI Pusat yang hadir. Akhirnya Pengurus MSI Pusat sepakat menerima usul dari peserta Rakernas dan memutususkan membentuk TIM FORMATUR 5 ORANG yaitu H. Suharyo Husen (Ketua formatur), Prof. Moh. Winugroho (anggota), Dr. Thamrin D. Chaniago (anggota), Yoyok Wastoyo (anggota) dan Ir. Susilohadi (anggota).

Selesai Rakernas, Tim Formatur 5 orang dengan mengambil tempat di Ruang Kantor MSI Pusat langsung mengadakan rapat Formatur dan dalam waktu kurang dari setengah jam Pengurus MSI Pusat Periode 2012-2015 ( Februari ) telah dapat menyusun Susunan Dewan Pengurus MSI Pusat yang baru. 

WARKSHOP
Rakernas Masyarakat Singkong Indonesia didahului oleh Workshop tentang GERNAS SSB disampaikan oleh H. Suharyo Husen, Ketua MSI PUSAT, kemudian Ir. Encep Saefuddun , menyampaikan presentasi tentang industri Modified Cassava Flour (MOCAF), dan Sutrisno (Pengusaha) menyampaikan presentasi tentang Industri Pupuk Organiak untuk tanaman singkong.
Diskusi berjalan lancar, seputar pengadaan bahan baku singkong untuk industri mocaf masih sulit karena bersaing dengan pembeli yang kuat seperti Indofood untuk Kripik, dari Pabrik Tapioka di Lampung yang berani beli singkong relatif mahal antara Rp 1.200-Rp1.800/Kg. Tentang Permodalan masih sulit untuk memulai pembangunan Klaster (MSI Cirebon). 

MSI Kalteng menginformasikan bahwa lahan siap untuk tanam singkong ada 30.000 Ha milik para petani anggota MSI Kalteng dan minta diperhatikan untuk mendapat bantuan modal dari CSR BUMN dan dari Luar Negeri kalau ada, misalnya dari Korea Selatan dan Amerika; 

MSI Kaltim menginformasikan tentang telah mulai berjalannya pembangunan 1 (satu) klaster 300 Ha di Kutai Kertanegara dan menginformasikan telah mulainya beroperasi pabrik Tapioka di Samarinda, dan menginformasikan telah terbentuknya susunan Masyarakat Singkong Indonesia Kaltim yang baru dengan Ketua ISMAN SALADIN, menggantikan H. Hasan Basri(Alm), Ketua MSI Kaltim sebelumnya yang baru saja meninggal dunia dan diberi gelar oleh mereka sebagai Bapak Singkong Kaltim’(SH/Rhp)


Adapun Susunan Dewan Pengurus MSI Pusat yang baru.  adalah sebagai berikut:


SUSUNAN DEWAN PENGURUS MSI PUSAT PERIODE 2012- 2015 (PEBUARI)
NO. 02/MSI-PUSAT/XII/2012

SUSUNAN PENGURUS MASYARAKAT SINGKONG INDONESIA ( MSI ) BERDASARKAN RAPAT KERJA MSI 2012 PADA TANGGAL 1 DESEMBER 2012 BERTEMPAT DI KANTOR MSI PUSAT JL. RAYA TAPOS NO.10, RT 01/ RW 02, KP. CUKANGGALEUH 1, DS. JAMBULUWUK, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN BOGOR 16720 , JAWA BARAT.

KETUA UMUM : H. SUHARYO HUSEN, BSC, SE, MBA.

KETUA : PROF.DR.IR.MOHAMMAD WINUGROHO, MSC.
KETUA ; DR. DRH. THAMRIN S. CHANIAGO MSC.

SEKRETARIS JENDERAL : YOYOK WASTOYO BA.
SEKRETARIS : IR. H. MIFTAH MM.

BENDAHARA UMUM : SUTRISNO HADI
BENDAHARA : NONI SOPINA

KEPALA BIDANG LITBANG : IR. SUSILOHADI , HP: 0817780551
KEPALA BIDANG IT DAN KOMUNIKASI : IR. RHINO HAMUQ PRANAPATI.
KEPALA BIDANG PERIZINAN DAN PROTOKOL : DRS. SUGIYANTO

SEKRETARIAT :
AGUS SETIAWAN , IT
HARIS BISRI , STAF SEKRETARIAT
WAWAN, PEMBANTU UMUM

PENGAWAS :
HJ. RATNA SUNINGSIH.
JAYA JUMANTARA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar