Jumat, 01 Februari 2013

Temu pakar di gelar MSI mendukung GERNAS SINGKONG


Bogor, Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) mengundang para pakar pertanian, pakar industri mocaf, industri tapioca, para pengusaha industry singkong untuk berdialog dalam acara temu pakar (Tapioka dan Mocaf) dalam Rangka memperkuat GERNAS ‘SSB’ untuk mencapai Misi dan Visi Masyarakat Singkong Indonesia 2013-2014. Acara tersebut diadakan MSI di kantor pusat nya di Tapos, Ciawi Bogor (30/1).


Dalam acara tersebut, yang hadir diantaranya adalah prof Win Nugroho, DR Thamrin Chaniago, ir. Kartono, DR. Ir. Soemitro Arintadisastra pakar penyuluhan dan pupuk cair (poca), Elfi Ramli pakar Coco peat sebagai media tanam, ibu Tukiyem mewakili ibu Tiara dan Samarinda, Kalimantan petani sukses yang telah berhasil dalam budidaya singkong unggul (F1) dengan media tanam coco peat.

Selain itu undangan yang hadir adalah Ketua Umum Induk Koperasi ABRI (INKOPABRI), Marskal Madya (U) Tamtama,  yang menyatakan siap mendukung dan membantu MSI mengenai kebutuhan masalah lahan dan keamanan lahan masyarakat singkong Indonesia.

Temu Pakar MSI-  Ketua INKOPABRI Marskal Madya (U) Tamtama,

Acara temu pakar singkong ini di buka oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional MSI, H. Suharyo Husen BSC,SE.MBA, dalam sambutannya disampaikan maksud dan tujuan temu pakar ini adalah untuk mendukung GERNAS SSB MSI 2013 – 2014. Dialog terbuka dibagi menjadi empat kelompok dengan topic yang berbeda antaralain, masalah budidaya, kelembagaan dan pemasaran, industry mocaf, industry tapioca. 

Temu pakar MSI - Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI)

Diskusi berjalan seru, santai namun serius dan kekeluargaan, pada penghujung diadakan rapat pleno untuk menyimpulkan hasil diskusi dan rencana kegiatannya.


Tentang masalah pengolahan mocaf, hasil diskusi yang disimpulkan oleh Ir. Susilohadi adalah,  Fokus mocaf adalah pada Rekayasa Dryer yang sesuai untuk kelompok tani 20 orang/kelompok,  akan di tempatkan mesin-mesin pengolah Mocaf di lahan MSI Sukabumi yang terdiri dari mesin perajang, mesin peniris, mesin pengering dan mesin penepung mocaf. Untuk mengolah singkong di lahan tersebut, yang luas nya mencapai 700 Ha.
Temu Pakar MSI- Fokus Mocaf pada Rekayasa Dryer

Masalah pengembangan budidaya singkong, di simpulkan oleh Sutrisno, akan diadakan uji coba oleh MSI mengunakan media tanam Coco peat + Pupuk+ Nutrisi di lahan yang telah disediakan oleh MSI di Lido Sukabumi. Dan terkait hal tersebut telah di buat MOU dengan  Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI) terkait suplai coco peat.  Dan MOU dengan INKOPABRI terkait kerjasama lahan milik nya yang tersebar di seluruh daerah militer (Kodam). dan penandatangan MOU tersebut  akan dilaksanakan pada akhir Februari 2013.

Temu Pakar MSI- Budidaya Singkong dengan Media tanam Cocopeat

Sedangkan masalah kelembagaan, pemasaran dan permodalan, disimpulkan oleh Yoyok Wastoyo, akan di bentuk koperasi di tingkat nasional,dan daerah, propinsi dan kabupaten. Dan untuk kerjasama MSI dengan perusahaan besar akan menggunakan PT. AKPI Maju Bersama yang saham nya dimiliki oleh koperasi anggota MSI. (RHp)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar